Danlantamal V Ikuti Upacara Serah Terima KRI Butana-878 Dari Koarmada II Ke Lantamal V

LANTAMAL V | Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Dr. Arya Delano, S.E., M.Pd., M.Han., mengikuti Upacara Serah Terima KRI Butana-878 Dari Koarmada II Ke Lantamal V, bertempat di Dermaga Madura Tengah, Koarmada II, Ujung, Surabaya. Senin (21/10/2024)

Upacara Serah Terima KRI Butana-878 dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo selaku Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Komandan Upacara (Danup) oleh Letkol Laut (P) Ali Sodikin, A.Md., S.E., yang sehari-hari menjabat sebagai Kadissyahal Lantamal V, yang ditandai dengan penandatangan serah terima dari Pangkoarmada II kepada Danlantamal V.

Dalam amanatnya Pangkoarmada II mengatakan, "KRI Butana-878  sebagai salah satu Alutsista TNI AL karya anak bangsa, merupakan jenis Kapal Patroli yang menjadi bagian dari rencana strategis TNI AL dalam upacaya mewujudkan kekuatan pokok minimum Matra Laut".

“Semoga dengan kehadiran KRI Butana-878  di Lantamal V akan semakin meningkatkan kemampuan sekaligus mendukung tugas-tugas Lantamal V dalam menjaga keamanan laut di wilayah kerja yang menjadi tanggung jawabnya,” tegas Pangkoarmada II.

Perlu diketahui, KRI Butana-878 ini merupakan salah satu jenis Kapal Perang Patroli Cepat  (PC-40 M) meter karya anak negeri yang diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla bertempat di Galangan Kapal PT. Citra Shipyard, Batam.

KRI Butana-878 memiliki sejumlah keunggulan yakni dipersenjatai dengan 1 unit meriam 30 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm, dapat melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot serta memiliki kecepatan jelajah mencapai 17 knots, ujar Pangkoarmada II.

Setelah upacara serah terima, acara dilanjutkan dengan peninjauan KRI Butana-878 oleh Pangkoarmada II, Danlantamal V, Kaskoarmada II, PJU Koarmada II, dan PJU Lantamal V Surabaya dan diakhiri dengan foto bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalin Sinergitas, SMA Hang Tuah 1 Jakarta Kunjungi Kampus Universitas Indonesia

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Buka "KEMAH BELA NEGARA LASKAR BAHARI”

Wadan Lantamal V Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI AL