Wadan Lantamal V Hadiri Pembukaan Pendidikan Bintara TNI AL Angkatan 44/II Tahun 2024

LANTAMAL V | Komandan Pangkalan TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Dr. Arya Delano, S.E., M.Pd., M.Han., yang diwakilkan Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Jani Sujani, S.T., M.Han., M.Tr.Hanla menghadiri pembukaan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan 44 Gelombang II Tahun 2024 yang dipimpin langsung Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han) di Dermaga Semampir Baru Koarmada II. Senin (14/10/2024).

Pembukaan Pendidikan tersebut diikuti 511 siswa terbaik dari seluruh wilayah Indonesia.

Dankodiklatal dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa melewati tahapan-tahapan seleksi penerimaan calon Siswa Dikmaba yang sangat menguras tenaga dan pikiran, namun, dengan segala kemauan, kemampuan dan kesamaptaan jasmani yang prima, maka kalian dinyatakan lulus seleksi dan berhasil mengikuti pendidikan yang dibuka pada hari ini.

“Pendidikan ini akan dilaksanakan selama 10 sampai dengan 12 bulan yang terbagi dalam tiga tahap. tahap pertama, pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama 2 bulan, yang semuanya dilaksanakan di puslatdiksarmil, dan tahap ketiga, pendidikan dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik kodiklatal, selama 5 sampai dengan 7 bulan sesuai kejuruan masing-masing,” ungkap Dankodiklatal.

Lebih jauh Dankodiklatal mengatakan setelah upacara pembukaan pendidikan ini, para siswa mengikuti kegiatan orientasi yang merupakan kegiatan pengenalan alutsista yang dimiliki Koarmada II, berupa kapal perang dan kapal selam. Kemudian menuju Resimen Kavaleri Semarung untuk menerima pengenalan terhadap alutsista kendaraan tempur Korps Marinir.

Sebagai bekal untuk mengawali proses pendidikan dasar keprajuritan, Pimpinan tertinggi Kodiklatal tersebut menyampaikan kepada para siswa agar selalu menumbuhkan kebanggaan calon Prajurit Matra Laut, sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir dalam menjaga kedaulatan NKRI, dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut, serta mematuhi semua peraturan pendidikan dengan mengikuti arahan para pelatih, instruktur, dan pembimbing siswa, serta tanamkan disiplin yang tinggi selama mengikuti pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalin Sinergitas, SMA Hang Tuah 1 Jakarta Kunjungi Kampus Universitas Indonesia

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Buka "KEMAH BELA NEGARA LASKAR BAHARI”

Wadan Lantamal V Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI AL